Departemen

Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa

kepala DEPARTEMEN

Seana Imam Pambudi

FT 2020

WAKIL KEPALA DEPARTEMEN
BIDANG EKSTERNAL

Huwaidah Martina

fEB 2020

WAKIL KEPALA DEPARTEMEN
BIDANG INTERNAL

MELISA Aprilia

fH 2020

STAFF

Abdul Rahma R.

Ahmad Yuma

Alexander Kevin Yang

Arina Cinta

Hayckal Maulana

Khalisa Priscilla A.

M. fatih abdurrahman

nabilah vania

naja putri lutfi

neola damaris

reynanda putri r. p.

sakura jeanette

taliya qory ismail

program kerja

Advokasi Bersama adalah program kerja yang dilaksanakan Adkesma BEM UI sebagai pionir dalam mengawal dan menyelesaikan isu dan aspirasi yang diperoleh dari mahasiswa UI. Advokasi Bersama memiliki tahapan dalam pengawalan mahasiswa UI, yaitu:

  1. Penuansaan isu yang diangkat melalui publikasi di media sosial dan melaksanakan penjaringan aspirasi yang ditargetkan melalui survei, media sosial, website BEM UI, dan safari fakultas serta kolaborasi dengan Adkesmalink
  2. Menyusun kajian yang komprehensif tentang isu-isu yang diangkat sebagai referensi dan bukti pendukung dengan melakukan audiensi pada pemangku kepentingan terkait.
  3. Melakukan audiensi dengan berbagai pemangku kepentingan terkait dalam melakukan proses audiensi isu yang dibawa.
  4. Pengarsipan dari berbagai isu yang telah dibawa dan dikaji serta memberikan tindak lanjut kepada para pemangku kepentingan.

Adkesmalink merupakan tempat untuk berkoordinasi, berkomunikasi dan berdiskusi antara Adkesma BEM UI dengan Adkesma BEM se-UI yang memiliki maksud untuk membahas perencanaan dan proses advokasi Adkesma BEM se-UI terhadap isu-isu yang ada. Isu tersebut dapat berupa isu bersama maupun isu sectoral yang berkaitan dengan kesejahteraan mahasiswa UI. Lebih lanjut, untuk dapat mempererat hubungan Adkesma BEM UI dengan Adkesma Fakultas maupun Program Vokasi dilakukan safari fakultas untuk menjaring aspirasi secara langsung.

Cerita Adkesma merupakan sebuah wadah kanal informasi online yang memiliki fungsi untuk memberikan informasi dan pelayanan yang memiliki konsep terencana yang menarik supaya informasi  umum yang disampaikan dapat tersampaikan dengan baik untuk IKM UI. Adapun kanal informasi online tersebut berupa Instagram, OA Line dan Twitter Adkesma BEM UI maupun BEM UI. Lebih lanjut, mengenai informasi yang akan disampaikan Cerita Adkesma yaitu:

  • Informasi kemahasiswaan seperti info beasiswa, info magang, pertukaran pelajar, MBKM maupun informasi yang memiliki dampak luas bagi mahasiswa UI
  • Informasi mengenai sarana, fasilitas dan kemudahan yang diberikan oleh UI untuk mahasiswa UI
  • Informasi mengenai advokasi
  • Informasi mengenai kesejahteraan mahasiswa

Penerimaan Mahasiswa Baru merupakan program kerja di bawah unit kerja informasi dan aspirasi yang memiliki tujuan untuk mengakomodasi memberikan informasi-informasi dasar terkait masa penerimaan mahasiswa baru untuk calon mahasiswa baru UI. Adapun mengenai peran yang diambil oleh Adkesma BEM UI 2022 dalam program kerja ini, yaitu:

  1. Melaksanakan koordinasi melalui berbagai pemangku kepentingan bersama-sama dengan Humas UI, Direktorat Kemahasiswaan UI, Kantor PMB UI, LBI FIB UI, Adkesma BEM se-UI, paguyuban-paguyuban UI dan OKK UI untuk membahas timeline masa penerimaan mahasiswa baru di Universitas Indonesia.
  2. Mengumpulkan informasi dari pihak Dirmawa UI untuk selanjutnya dibentuk publikasi informasi yang ditujukan kepada mahasiswa baru UI.
  3. Memastikan publikasi informasi terkait penerimaan mahasiswa baru tersampaikan kepada Adkesma BEM se-UI.
  4. Melaksanakan pengawalan yang berupa informasi dan publikasi terkait sistem BOP-B, BOP VIP, dan penerimaan KIPK untuk mahasiswa baru UI.
  5. Memberikan pengenalan informasi dan publikasi mengenai sarana dan fasilitas yang ada di UI untuk mahasiswa baru UI.
  6. Melaksanakan penyampaian informasi dan publikasi yang merata pada seluruh mahasiswa baru UI.

Forum Paguyuban Nusantara merupakan wadah atau forum yang dibentuk oleh Adkesma BEM UI yang digunakan untuk berdiskusi, berkoordinasi, dan berkomunikasi dengan 48 Paguyuban. Lebih lanjut, dalam hal pelayanan Adkesma BEM UI 2022 mengakomodasi bantuan administratif, penjaringan aspirasi, maupun advokasi yang ada di UI.

Sekolah Informal Advokasi (SIAK) UI adalah program kerja yang menjadi perwujudan Departemen Adkesma BEM UI 2022 sebagai pionir advokasi mahasiswa di UI. SIAK UI merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa dalam dunia advokasi, sekaligus memberi pelatihan mengenai bagaimana proses advokasi. SIAK UI hadir untuk mengentaskan ketidaktahuan mahasiswa mengenai konsep beradvokasi mengenai isu atau permasalahan yang dialaminya kepada pemangku kepentingan. Hal ini didasarkan pada adanya permasalahan selain minimnya kesadaran, yakni kemampuan mengumpulkan data, menulis kajian, dan menyampaikan argumentasi yang efisien kepada para pemangku kepentingan bagi mahasiswa yang ingin mengadvokasikan kepentingan yang dimilikinya. SIAK UI juga bertujuan untuk memberi pengarahan mengenai langkah beradvokasi yang tepat, terutama di universitas. Kelak, para peserta akan mendapat mentoring untuk melakukan advokasi yang berfokus pada penyelesaian masalah. Rangkaian SIAK UI 2022 akan dibagi menjadi:

  1. Pra Acara Pra acara SIAK UI merupakan rangkaian sebelum berlangsungnya acara utama, yang terdiri dari dua kompetisi: Advochallenge dan Lomba Debat Bahasa Indonesia. Advochallenge merupakan kompetisi pembuatan infografis mengenai advokasi isu tertentu tingkat nasional. Lomba debat Bahasa Indonesia adalah inovasi tahun ini, yang mengembangkan dan mematangkan konsep roleplay mahasiswa dan dosen pada sesi mentoring SIAK UI 2021. Lomba ini diadakan karena debat adalah salah satu komponen skill dalam advokasi sehingga diharapkan kompetisi ini menjadi sarana pengembangan skil advokasi bagi mahasiswa. Lomba debat akan bertema seputar advokasi isu yang hangat dan akrab di kalangan mahasiswa.
  2. Rangkaian selanjutnya adalah Grand Opening SIAK UI 2022 yang merupakan acara pembuka dengan mengadakan web seminar gratis bagi mahasiswa mengenai dasar dan pengenalan advokasi.
  3. Acara inti dari SIAK UI 2022 adalah diadakannya mentoring yang terdiri dari 3 sesi, yang akan mengupas mengenai langkah proses advokasi mahasiswa, mulai dari dasar komunikasi dan advokasi yang baik, pengumpulan data, penulisan kajian dan penyusunan argumentasi, serta penjalinan relasi dan kolaborasi demi tercapainya penyelesaian masalah. SIAK UI 2022 akan ditutup dengan
  4. Grand Closing yang berisi pengumuman dan pemberian hadiah bagi pemenang lomba Advochallenge, lomba debat, dan peserta terbaik pada mentoring class.

Beasiswa Bakti Asa adalah program kerja yang menyediakan beasiswa sebagai bantuan finansial serta pelatihan mentoring sebagai bentuk kepedulian Departemen Adkesma BEM UI 2022 untuk mewujudkan kesejahteraan mahasiswa UI. Dengan adanya program BBA ini, diharapkan mahasiswa UI yang membutuhkan bantuan finansial mendapat kesempatan atau asa yang sama dengan mahasiswa lainnya untuk menempuh pendidikan dengan baik. BBA UI tidak membatasi program studi ataupun tingkatan mahasiswa sehingga seluruh mahasiswa UI dari seluruh angkatan dapat mengikuti program ini, terutama bagi mahasiswa yang mengalami kendala finansial. Tak hanya bantuan finansial, BBA UI juga akan menghadirkan program mentoring yang berhubungan dengan soft skill serta pengembangan karier yang dapat berguna bagi masa depan mahasiswa.

Rangkaian acara BBA UI 2022, yakni: essay writing competition, Bank of Opportunities, Beasiswa Bakti Asa, The Summit, dan The Scholar’s Lab.