Departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa

Departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (Adkesma) BEM UI 2021 hadir untuk menggerakkan upaya advokasi terhadap beberapa permasalahan dan isu yang timbul dari keresahan mahasiswa UI seperti isu biaya pendidikan, kesehatan mental, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), dan kekerasan seksual.

bph Departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa

kepala departemen

Prasasta Putra Tangkas
fh 2019

wakil kepala departemen bidang internal

Anindytha Arsa Prameswari
fh 2019

wakil kepala departemen bidang eksternal

rumondang amanda
fib 2019

staf

affanda hadi pratama

ayu friztyana putri

huwaidah martina

andhika exaudi sitorus

aziz fadillah hidayat

isra livera

atha hira dewisman

daffa satya fadhilah

kesya putri diandra hakim

sirathul afiyah

seana imam pambudi

verren marcelia suwandi

muhammad azmi

program kerja

Forum Paguyuban Nusantara adalah forum silaturahmi antara Adkesma BEM UI dengan paguyuban-paguyuban yang ada di UI untuk membangun jaringan dan relasi dengan banyak orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Advokasi Bersama merupakan ujung tombak Adkesma BEM UI dalam melakukan advokasi untuk mengawal dan mengupayakan penyelesaian isu dan aspirasi yang ada di UI. Mulai dari penjaringan aspirasi, pembuatan kajian, hingga audiensi.

Adkesmalink merupakan wadah dan pusat koordinasi antara Adkesma BEM UI dengan Adkesma BEM se-UI yang bertujuan untuk membahas rencana dan proses Adkesma BEM se-UI dalam melakukan advokasi terhadap isu-isu yang ditanggapi. Penjaringan aspirasi langsung pada Adkesmalink dilaksanakan melalui Safari Fakultas.

Penerimaan Mahasiswa Baru UI ialah program kerja yang bertujuan untuk membantu memberikan informasi dasar yang dibutuhkan oleh mahasiswa baru UI selama masa penerimaan mahasiswa baru.

Cerita Adkesma merupakan sebuah platform daring yang berfungsi untuk memberikan informasi dan pelayanan mengenai beasiswa, pertukaran pelajar, magang, Informasi PJJ, FAQ, Informasi Adkesma (jadwal perkuliahan, pengajuan cicilan, jadwal pembayaran BOP), dan Informasi Advokasi (update pengawalan isu).

Merupakan bentuk program beasiswa bantuan finansial yang bersifat inklusif dan mentoring yang berfokus pada pelatihan soft skills dan akselerasi karier. Rangkaian kegiatan BBA UI terdiri dari pre event yakni kompetisi esai dan main event yaitu rangkaian pemberian beasiswa dan mentoring.

SIAK merupakan rangkaian kegiatan untuk menciptakan pelopor gerakan advokasi yang proaktif dan solutif dalam memecahkan masalah demi mencapai kebermanfaatan bagi mahasiswa UI. Sekolah Informal Advokasi memiliki 5 agenda yang terdiri dari Opening Ceremony, Mentoring, dan Closing Ceremony.