departemen

lingkungan hidup

kepala biro

kevin wisnumurthi

FT 2019

WAKIL KEPALA BIRO
BIDANG EKSTERNAL

sherien sherlita

ft 2020

WAKIL KEPALA BIRO
BIDANG INTERNAL

muhammad abrar

fmipa 2020

STAFF

adeline hyansalem w.

azzam auliarahman

briana batrisya

felicia surya chandra

futari vania sakanti

ghazi achmad dzulfikar

maghvira nazhwa

maria angel margareth p.

panji m. iqbal raharjo

qisthan ghazi

satria rizki aviory

syifani dhya ayu M.

program kerja

Kajian dan Advokasi Lingkungan merupakan salah satu fungsi DLH yang dilaksanakan untuk menanggapi secara komprehensif isu atau permasalahan lingkungan hidup yang sedang terjadi dalam skala nasional maupun global. Tanggapan yang dikeluarkan dapat berupa pernyataan sikap, policy brief, propaganda kreatif, dan/atau kajian yang di dalamnya terdapat kritik terhadap masalah lingkungan hidup yang ada serta rekomendasi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

 

Kajian dan Advokasi Lingkungan dapat dilaksanakan berdasarkan platform isu yang telah disusun maupun insidental apabila terdapat isu yang memiliki urgensi tinggi untuk dilakukan penyikapan. Berdasarkan keterlibatan pihak-pihak dalam penyusunannya, kajian yang disusun dibagi menjadi dua, yaitu:

    ●   Kajian Mandiri, yaitu kajian yang disusun hanya oleh fungsionaris DLH BEM UI

    ●   Kajian Kolaborasi, yaitu kajian yang disusun bersama dengan aliansi

 

Sementara itu, berdasarkan perencanaannya, kajian yang disusun dibagi menjadi dua, yaitu:

    ●   Kajian Tahunan, yaitu kajian yang disusun berdasarkan platform isu

    ●   Kajian Responsif, yaitu kajian yang disusun guna merespons isu insidental

Greener Action merupakan program kerja yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kepedulian serta keterlibatan mahasiswa/i dan masyarakat umum dalam mengentaskan permasalahan lingkungan hidup. Adapun bentuk pelaksanaan dari Greener Action adalah sebagai berikut:

     ●   Menggunakan website dan sosial media berupa Instagram untuk media publikasi.

     ●   Memublikasikan BeLing Pecah (Berita Lingkungan Paling Pecah) yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai permasalahan lingkungan hidup.

     ●   Memublikasikan Lingkar opini untuk mengetahui sudut pandang para ahli dan/atau masyarakat terdampak mengenai permasalahan lingkungan hidup.

     ●   Melakukan studi banding ke Departemen Sosling/Sosmas/Pengmas BEM se-UI.

     ●   Memublikasikan Environmental Hero of The Month (EHOTM) untuk mengapresiasi mahasiswa/i Indonesia yang telah memberikan ide, gagasan serta kontribusi nyata dalam bidang lingkungan hidup.

     ●   Memublikasikan KonseLing (Konten Ringan seputar Lingkungan) untuk memberikan informasi terkini mengenai permasalahan lingkungan hidup yang dikemas secara singkat.

     ●   Kampanye daring dan/atau luring serta aksi mengenai permasalahan lingkungan hidup.

Green Charity merupakan salah satu fungsi DLH BEM UI yang mengikutsertakan dan menjadi wadah bagi mahasiswa/i UI dan masyarakat umum untuk terlibat dalam kegiatan sosial-lingkungan yang berdampak bagi mahasiswa/i UI itu sendiri dan masyarakat. Bentuk kegiatan sosial-lingkungan yang dimaksud adalah Waste for Scholarship dan pengabdian masyarakat.

 

     ●   Waste for Scholarship

Waste for Scholarship (WFS) merupakan kegiatan amal berupa penggalangan dana dari hasil konversi sampah kertas dan sampah elektronik (e-waste) yang didonasikan oleh mahasiswa/i UI dan masyarakat. Kedua jenis sampah tersebut dikumpulkan dengan sistem pick up service dan drop point. Sistem pick up service dilaksanakan dengan menjemput sampah secara langsung dari tempat donatur. Sementara itu, sistem drop point dilaksanakan dengan dua cara. Pertama, donatur dapat meletakkan sampahnya di titik-titik strategis di Universitas Indonesia. Kedua, donatur dapat menitipkan sampahnya di lokasi-lokasi tertentu di luar Universitas Indonesia. Dana yang terkumpul dari hasil konversi sampah akan disalurkan kepada mahasiswa/i UI yang aktif berprestasi di bidang lingkungan hidup dan/atau yang membutuhkan bantuan finansial.

 

     ●   Pengabdian Masyarakat Berbasis Lingkungan Hidup

Pengabdian masyarakat berbasis lingkungan hidup diselenggarakan dengan berkolaborasi bersama wadah gerakan lingkungan yang memiliki tujuan sama.

UI Youth Environmental Action (UI YEA) merupakan program kerja dari Departemen Lingkungan Hidup BEM UI yang mewadahi mahasiswa Indonesia dan internasional untuk membuat inovasi yang substansial dan nyata sebagai bentuk solusi atas permasalahan lingkungan hidup. UI YEA hadir untuk mendukung terealisasikannya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Rangkaian kegiatan UI YEA terdiri atas pre-event mengenai penyelenggaraan lomba esai bertemakan industri hijau, lomba esai internasional, konferensi, field event, serta Grand Summit.

Green Rangers merupakan salah satu program kerja DLH BEM UI yang bertujuan untuk menjadi wadah bagi mahasiswa/i UI yang memiliki ketertarikan di bidang lingkungan hidup untuk bergerak dalam kegiatan lingkungan. Green Rangers adalah salah satu program kaderisasi BEM UI untuk membentuk kader-kader yang dapat menjadi penggerak dalam pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini, para rangers akan diberikan pemahaman mengenai esensi gerakan lingkungan hidup dan dikelompokkan ke dalam grup mentor yang akan membahas tentang permasalahan lingkungan hidup spesifik sebagaimana tercantum dalam platform isu beserta solusi inovatif untuk menjawab permasalahan tersebut. Di akhir masa mentoring, para rangers akan membuat proyek akhir. Rangers yang berprestasi dan membutuhkan bantuan finansial dapat

Video yang dibuat untuk memperkenalkan fungsionaris BEM UI 2022 dengan topik berupa bidang yang ada di BEM UI 2022.