BIRO

Penelitian dan pengembangan

kepala biro

Dzaki Taufiqul Hakim

FT 2020

WAKIL KEPALA BIRO
BIDANG EKSTERNAL

Juita Pebriani Pane

fEB 2020

WAKIL KEPALA BIRO
BIDANG INTERNAL

Hana Zahira Ahdrin

ft 2020

STAFF

Amanda Metanshani

Christian Jonathan

Farah Salma nisrina

Farrel Alan Vidaman

Gina Ariana

Iqbal Pahlevi Amin

Reynard P. Sutomo

Ranti Rizkia Taqwiyah

program kerja

Melakukan riset sebanyak 4 kali, terdiri atas 3 mini survei dan 1 mega survei (Cosmo Survey). Riset terdiri dari berbagai topik dan target audiensi yang berbeda-beda, yaitu mahasiswa UI dan fungsionaris BEM UI 2022 (mini survei dan mega survei), serta masyarakat umum (hanya untuk mini survei). Hasil olahan data akan dipublikasikan di website maupun media sosial Data Space dan instagram BEM UI.

Penyediaan data yang bersumber dari direktorat kemahasiswaan UI (demografi mahasiswa UI) untuk menunjang kegiatan perkuliahan yang dapat diakses melalui website BEM UI, website Litbang, dan aplikasi UInfo.

Data Space adalah program kerja kanalisasi informasi dari Biro Penelitian dan Pengembangan yang terdiri dari website Data Space dan akun Instagram Data Space (@ui.dataspace).

Melakukan upgrading dengan seluruh fungsionaris Biro Penelitian dan Pengembangan BEM UI, BEM se-UI, DPM UI, dan BK MWA UI UM untuk meningkatkan kompetensi bersama, membangun relasi yang berkelanjutan, dan eksistensi Biro Penelitian dan Pengembangan BEM UI.

Progress Report memberikan analisis mengenai progress serta permasalahan–permasalahan yang ada di masing-masing biro dan departemen. Progress Report juga memberikan rekomendasi strategis sebagai solusi yang dapat dilaksanakan oleh masing-masing biro dan departemen dalam menyelesaikan permasalahan tersebut berdasarkan data yang diberikan SPI, wawancara dengan Koordinator bidang, BPH terkait, staf terkait, SPI, dan teammate, serta insights mengenai publikasian Instagram masing-masing biro dan departemen yang telah di-upload ke akun Instagram BEM UI. Hasil dari Progress Report akan dipresentasikan dalam bentuk PPT ke masing-masing biro dan departemen di akhir paruh 1.

Sentralisasi data melalui platform digital (Google Drive) yang berisikan dokumen, data kegiatan, dan survei tiap biro dan departemen yang dikeluarkan selama masa kepengurusan berlangsung maupun masa kepengurusan tahun-tahun sebelumnya yang dapat diakses oleh biro dan departemen terkait serta SPI dalam mengerjakan tugas dan fungsinya.

Penilaian terhadap program kerja BEM UI 2022 yang telah melewati tahap uji kepatutan dan kelayakan (UKK) dengan keterangan lulus atau lulus bersyarat melalui survei kepuasan dan kepentingan yang diisi oleh stakeholder program kerja. Terdapat juga rencana strategis program kerja berdasarkan kritik dan saran dari survei tersebut.

Dilaksanakan dua kali selama satu tahun kepengurusan dengan tujuan dan bahasan yang berbeda. Pada awal tahun kepengurusan, survei dibuat sebagai tolak ukur biro dan departemen BEM UI dalam melaksanakan program kerjanya. Pertanyaan dalam survei di awal tahun berupa preferensi mahasiswa terkait kegiatan kemahasiswaan serta kebutuhan dan minat mahasiswa UI.

Survei pada akhir tahun kepengurusan dibuat untuk mengetahui kepentingan dan kepuasan mahasiswa UI terhadap visi dan misi BEM UI 2022. Selain itu, penilaian juga berisi rencana strategis pengembangan untuk BEM UI ke depannya berdasarkan kritik dan saran mahasiswa UI.

Hasil dari survei ini akan diolah menjadi laporan akhir yang dipublikasikan website serta media sosial BEM UI dan @ui.dataspace.

Research and Development 101 adalah program kerja yang membantu mahasiswa UI, masyarakat umum, dan bidang-bidang yang memiliki fungsi penelitian dan pengembangan di IKM UI dalam pemahaman ilmu-ilmu penelitian dan pengembangan.

Survei yang memiliki tema berdasarkan kebutuhan dan dikeluarkan berdasarkan permintaan biro/departemen BEM UI 2022. Terdapat SPO yang mengatur perihal permintaan pembuatan survei oleh biro/departemen. Biro Litbang menerima maksimal dua kali permintaan pembuatan alat ukur untuk masing masing biro/departemen, namun tetap menerima konsultasi untuk membantu biro dan departemen membuat alat ukur sendiri jika dibutuhkan. Staf juga dapat membuat proposal pengajuan pembuatan survei kepada biro/departemen terkait.

Pendampingan biro dan departemen oleh staf Biro Litbang dalam mengurus keperluan fungsi penelitian dan pengembangan seperti pengarsipan data dan perilisan survei. Teammate Biro Litbang juga akan mengikuti rapat mingguan biro dan departemen lain minimal 1x sebulan untuk mengetahui jenis pendampingan apa yang dibutuhkan oleh biro dan departemen terkait, serta melakukan pencatatan keadaan internal untuk memudahkan pengerjaan progress report.