Departemen

PENDIDIKAN DAN KEILMUAN

kepala DEPARTEMEN

LINTANG SHAFA

FIA 2020

WAKIL KEPALA DEPARTEMEN
BIDANG EKSTERNAL

BRANDON MATTHEW

FT 2020

WAKIL KEPALA DEPARTEMEN
BIDANG INTERNAL

RATNA AYU

FMIPA 2020

STAFF

Adnan Hasyim

Catlyn Yohana

Farah Huwaida

Farhan Febrian

Imam Khanafi

Intan Shabira

Laily Angelina

Lukman Wibowo

M Aftharu Mulya

Misyel

Octaviana Suryanti

Rafie Amandio F

program kerja

OIM UI merupakan salah satu program kerja terbesar dari Departemen Pendidikan dan Keilmuan BEM UI yang mewadahi bakat mahasiswa/i S-1 atau D-3 UI untuk berkompetisi di perlombaan keilmuan. OIM UI terbagi menjadi 2 jenis perlombaan, yaitu PKM dan Non-PKM. PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) merupakan perlombaan yang memicu mahasiswa untuk menghasilkan inovasi dan gagasan yang dapat tertuang dalam bentuk suatu proposal. Perlombaan PKM terdiri atas delapan bidang, yaitu PKM-Riset (PKM-R), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM), PKM-Penerapan IPTEK (PKM-PI), PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK), PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT), dan PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI). Sementara itu, perlombaan Non-PKM mencakup bidang-bidang perlombaan ilmiah lainnya, seperti Esai, Poster, Quiz, Debat Bahasa Inggris, dan Debat Bahasa Indonesia.

After Campus Series merupakan program kerja yang mewadahi minat mahasiswa/i UI dalam persiapan dunia pascasarjana. Topik yang akan dibawa adalah seputar informasi beasiswa dari berbagai negara, persiapan ujian bahasa Inggris (TOEFL dan/atau IELTS), serta persiapan berkas. Acara After Campus Series akan disajikan dalam bentuk seminar, pelatihan, dan pembimbingan yang akan mendatangkan narasumber yang ahli atau yang telah berpengalaman.

Education and Scholarly Weeks (ESW) merupakan program kerja Departemen Pendidikan dan Keilmuan yang berfokus pada pelatihan di bidang keilmiahan. Bentuk pelaksanaan ESW berupa webinar dan simulasi yang diselenggarakan selama beberapa minggu. Pelatihan keilmiahan yang diberikan seperti penulisan jurnal ilmiah, penulisan esai, debat, MUN, dst.

Biro Jodoh PKM adalah program kerja yang berperan untuk mewadahi dan menyalurkan informasi yang berkaitan dengan PKM di lingkup UI dan nasional. Biro Jodoh PKM terdiri dari dua komponen, yaitu Sharing Session dan Website (birojodohpkm.com). Sharing Session merupakan webinar yang diselenggarakan untuk memberikan wawasan mengenai PKM dari narasumber yang telah berpengalaman dan berkecimpung di dunia PKM dan PIMNAS, baik dari perspektif juri ataupun peserta. Website Biro Jodoh PKM adalah platform bagi mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan di UI untuk mencari tim PKM-nya, baik yang sudah ada ide dan timnya, maupun yang belum.

Kanalisasi Informasi memiliki tujuan utama untuk memberdayakan informasi serta meningkatkan semangat berprestasi di bidang keilmuan. Dalam upaya untuk memberikan informasi dan edukasi kepada mahasiswa/i UI dan masyarakat umum, tersedia konten-konten yang akan dipublikasikan di Instagram @ui.ruangedukasi, serta Infografis tiap bulan dalam rangka memperingati hari-hari besar. Kanalisasi Informasi juga berperan untuk mengapresiasi mahasiswa/i UI yang telah berkontribusi dalam peningkatan iklim keilmuan UI melalui program seperti Pahlawan Keilmuan dan Ruang SiSi, serta disediakannya Info Lomba dan Acara tiap bulannya untuk menunjang mahasiswa/i UI yang ingin berkompetisi dan meningkatkan prestasi UI. Informasi akan disajikan dalam bentuk yang menarik melalui media yang relevan seperti Instagram, YouTube, dan Spotify.

Dialog Keilmuan merupakan fungsi komunikasi yang bertujuan untuk membangun relasi Departemen Pendidikan dan Keilmuan dengan pihak eksternal. Terdapat 3 program penting di dalam Dialog Keilmuan yang berfungsi untuk menghubungi masing-masing pemangku kepentingan, yaitu Safari Fakultas, P&K Share, dan Koordinasi Rektorat. Safari Fakultas bertujuan untuk berkenalan sekaligus membangun relasi kepada masing-masing BEM Fakultas di bidang pendidikan dan keilmuan. P&K Share bertujuan sebagai forum antara Departemen Pendidikan dan Keilmuan dengan BEM Fakultas di bidang pendidikan dan keilmuan yang secara kolektif bertujuan untuk berkomunikasi atau mensosialisasikan informasi mengenai informasi OIM dan Mapres. Program terakhir dari Dialog Keilmuan adalah Koordinasi Dirmawa (Dialog Rektorat) yang biasanya berkaitan dengan informasi mapres, PKM, dan Simkatmawa.