Departemen

SENI DAN BUDAYA

kepala DEPARTEMEN

SINTA SARI SEKARIN

FIB 2020

WAKIL KEPALA DEPARTEMEN
BIDANG EKSTERNAL

SHABIRIA YUMMA

FIB 2020

WAKIL KEPALA DEPARTEMEN
BIDANG INTERNAL

INKA AITA PUTRI

FH 2019

STAFF

Achmad Alifian

Adissa Keti Hapsari

Amira Ahmad Fauzi

Bintang Maranatha

Citra Nuralifah

Diajeng Rafwa

Ibtisyam Hakim

Miracle Banda

M. Akhdan Kurniawan

Tessalonika

program kerja

Pagelaran Budaya Indonesia di Universitas Indonesia yang sudah terlaksana sebanyak 7 kali yang melibatkan Paguyuban, Mahasiswa UI, dan masyarakat umum. Pada tahun ini UI Ethnovaganza akan dilaksanakan secara hybrid dimana format acara daring akan memanfaatkan kanal media digital dan format acara luring akan diselenggarakan di luar Universitas Indonesia. Hal ini didasari oleh evaluasi pada tahun sebelumnya yang dinilai bahwa memperkenalkan, meningkatkan rasa kepedulian, dan mempertahankan budaya Indonesia tidak cukup hanya dengan media kanal digital saja tetapi perlu juga penyampaian secara langsung kepada mahasiswa UI dan masyarakat umum lewat format acara luring yang nantinya akan dilaksanakan sehingga penyampaian tujuan awal UI Ethnovaganza 2022 akan terealisasikan dengan baik dan relevan. Selain itu, tahun ini UI Ethnovaganza akan menambah kanal media digital baru yaitu Youtube dalam upaya mengemas informasi kebudayaan Indonesia dengan lebih modern serta relevan.

Merupakan kanal informasi, apresiasi, dan publikasi sekitar seni dan budaya yang memanfaatkan media kanal Instagram sebagai wadahnya. UI Art Enthusiast juga berperan untuk memberikan apresiasi kepada para pencipta seni di dalam dan di luar lingkungan Universitas Indonesia dan akan dipublikasikan di Instagram. Di tahun ini, UI Art Enthusiast menciptakan rangkaian acara baru yaitu ‘Senbud Bantu Warga’ yang bekerja sama dengan Departemen Sosial dan Masyarakat BEM UI untuk memberikan pengajaran seni dan budaya kepada masyarakat di luar Universitas Indonesia. Selain itu, UI Art Enthusiast akan menciptakan platform kanal informasi baru yaitu Tiktok. Selain itu, rangkaian acara ENTHUFEST akan ditiadakan dalam uipaya mengembalikan fungsi awal dari program kerja UI Art Enthusiast.

UI Art War merupakan program kerja yang dimulai pada tahun 2012 dengan nama UI Art Festival. UI Art War menyajikan program kerja berbentuk kompetisi 15 mata cabang seni antar kontingen fakultas. UI Art War diharapkan dapat meningkatkan kualitas seniman di Universitas Indonesia. Tahun ini, UI Art War dirancang beradaptasi dengan situasi pandemi sehingga akan dilaksanakan secara hybrid. Selanjutnya, jumlah mata lomba yang dilaksanakan kembali menjadi 15 buah dengan menghadirkan kembali lomba band, vocal group, teater, dan tari. Selain itu, lomba audio drama akan kembali diadakan sebagai pengganti lomba film. Pre-event masterclass yang berbentuk workshop yang merupakan inovasi UI Art War tahun lalu akan kembali dilaksanakan dengan perubahaan pada beberapa aspek seperti periode pelaksanaan, metode pelaksanaan, syarat partisipan, serta fokus materi. Selanjutnya, terdapat post-event di mana para pemenang di UI Art War akan diberikan sarana untuk berkolaborasi bersama program kerja Seni dan Budaya yang lain (UI ArtX, UI Ethnovaganza, UI Art Enthusiast).

UI ArtX merupakan sebuah inovasi program kerja oleh Departemen Seni dan Budaya BEM UI 2018. UI ArtX memiliki tujuan sebagai wadah edukasi dan apresiasi seni dengan mata acara yang beragam yang mencakup kelas seni, pemutaran film, gelar wicara, showcase, dan eksibisi seni. Kegiatan UI ArtX sudah pernah dilaksanakan secara luring dan daring yang berhasil menarik perhatian Civitas UI dan masyarakat umum yang selalu meningkat untuk berekspresi dan mengapresiasi karya seni. Pada tahun ini, dengan proses penyesuaian dengan kondisi pandemi, kegiatan UI ArtX berencana akan dilakukan secara hybrid dengan tujuan agar karya seni dapat lebih dinikmati dan proses edukasi karya seni dapat dilakukan dengan lebih maksimal. Namun kegiatan UI ArtX di tahun ini tetap menyesuaikan dengan keadaan di masa kini yakni dengan melakukan pembatasan pengunjung dan menerapkan protokol kesehatan.