Paduan Suara Mahasiswa Universitas Indonesia Paragita (PSM UI Paragita)

deskripsi ukm

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Indonesia Paragita (PSM UI Paragita) adalah sebuah organisasi paduan suara yang dibentuk pada 29 Agustus 1983. Pendirinya adalah Drs. Max Rukmarata (Alm.), Liliek Sugiarto (Alm.), dan A. G. Sudibyo. Nama “Paragita” diberikan oleh Rektor Universitas Indonesia saat itu, Prof. Dr. Nugroho Notosusanto, yang berarti suara yang megah atau agung. Sebagai salah satu komunitas seni dan budaya, PSM UI Paragita memiliki visi untuk turut serta mengembangkan seni dan budaya, baik di tingkat nasional maupun internasional. Oleh karena itu, pengembangan tersebut dilakukan dalam bentuk edukasi melalui proses regenerasi, berkolaborasi dengan komunitas seni lainnya, mengikuti kompetisi, serta melakukan penampilan konser yang diadakan secara rutin.

KEGIATAN UKM

Latihan rutin biasa dilakukan pada hari Minggu siang di Pusgiwa UI bersama pelatih dengan durasi dua jam. Kegiatan yang dilakukan adalah melatih teknik vokal serta koreografi.

Konser angkatan adalah sebuah konser pertama bagi angkatan baru PSM UI Paragita. Konser ini melatih angkatan baru agar terbiasa tampil di atas panggung dengan disaksikan oleh banyak penonton.

Konser tahunan adalah konser yang diadakan pada akhir tahun dan dilakukan oleh seluruh anggota aktif PSM UI Paragita, baik angkatan baru maupun angkatan lama. Konser ini memiliki bertujuan untuk menunjukkan eksistensi PSM UI Paragita.

Perlombaan nasional/internasional biasanya dilakukan setiap dua tahun sekali. Keikutsertaan PSM UI Paragita dalam perlombaan ini dilakukan untuk mengharumkan nama PSM UI Paragita di kancah nasional ataupun internasional.

Tahun adalah kegiatan yang dilakukan di awal tahun untuk memperkenalkan anggota aktif PSM UI Paragita dengan kepengurusan yang baru. Kegiatan yang dilakukan meliputi games, perkenalan pengurus baru kepada anggota, serta pemaparan program yang akan dilakukan.

Open Recruitment adalah kegiatan yang dilakukan di Balairung UI saat kegiatan terakhir latihan paduan suara mahasiswa baru dan pada saat Display UKM UI untuk menyeleksi mahasiswa baru UI yang ingin menjadi anggota PSM UI Paragita.

prestasi

2010
ITB International Choir Competition (Bandung, Indonesia)
1. Juara 1 Kategori Laki-laki.
2. Juara 1 Kategori Perempuan.

2012
Béla Bartók 25th International Choir Competition & Folklore Festival (Debrecen, Hungaria)
1. Special Prize: Outstanding Interpretation of Agnus Dei by Peter Tóth.

2013
Andrea O. Veneracion International Choral Festival Manila, Filipina
1. Juara 2 Kategori Chamber Choir.

2014
62nd Guido d’Arezzo International Polyphonic Competition (Arezzo, Italia).
1. Juara 2 Kategori Mixed Choir.
2. Juara 3 Kategori Ensemble Choir 2017.

35 Festival Internacional de Musica de Cantonigros (Catalonia, Spanyol).
1. Juara 2 Kategori Mixed Choir.
2. Juara 3 Kategori Folksong.

2018
Pesparawi Mahasiswa Nasional (PESPARAMANAS) XV (Manokwari, Indonesia).
1. Juara 2 Kategori Musica Sacra.
2. Gold Medal Kategori Musica Sacra.
3. Gold Medal Kategori Gospel/Spiritual

mekanisme pendaftaran

PSM UI Paragita membuka pendaftaran di awal tahun ajaran baru bersamaan dengan kegiatan PMB UI. Paragita mempromosikan pendaftaran melalui latihan paduan suara mahasiswa baru, Display UKM yang disediakan oleh panitia OKK, serta media sosial Instagram.

1. Setelah latihan paduan suara terakhir atau saat Display UKM, PSM UI Paragita akan membuka stand untuk pendaftaran anggota baru yang bisa kamu kunjungi.

2. Setelah berada di stand PSM UI Paragita, kamu akan diarahkan oleh kawan-kawan PSM UI Paragita untuk mengisi data diri pada laptop yang tersedia dan mengambil formulir pendaftaran pertama.

3. Setelah mengisi data diri pada laptop dan mengambil formulir pendaftaran, kamu bisa mengisi formulir pendaftaran dan mengembalikan kembali formulir tersebut kepada kawan-kawan PSM UI Paragita.

4. Jika sudah mengembalikan formulir pertama, kamu akan mendapatkan formulir kedua berupa jadwal audisi yang akan kamu ikuti.

5. Setelah selesai mengikuti audisi pada tanggal yang telah ditentukan, kamu tinggal menunggu pengumuman resminya melalui media sosial PSM UI Paragita.

MEDIA SOSIAL

Email: paragita.choir@yahoo.com
Instagram: https://instagram.com/paragitachoir​​​
Twitter: https://twitter.com/paragitachoir​​​
Facebook: https://facebook.com/paragitachoir

narahubung

Puti
Nomor: 08119505302
LINE: pvtiyusfid

Yunie
Nomor: 085210658282
LINE: yuniedebora3